Manchester United RCC of Statistics: awal masuk statistik undip

Pages

Kamis, 16 Desember 2010

awal masuk statistik undip


Seperti yang sudah kita ketahui, statistika adalah salah satu program studi di jurusan matematika. Kalau d SMA, statistika adalah salah satu bab di dalam mata pelajaran matematika. Statistika sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah data serta mengambil kesimpulan dari pengolahan data. Ingatkah kalian guru kalian pernah mengajari kalian tentang statistika waktu SMA dulu? kalau saya pernah diajari beberapa hal tentang statistika salah satunya tentang mean yaitu nilai rata-rata yang dapat dicari dengan menjumlahkan seluruh data dibagi dengan banyaknya data tersebut. Lalu median yaitu nilai tengah dari suatu data dapat dicari dengan rumus ataupun dengan cara manual dalam data tunggal yaitu menghitung jumlah data lalu dibagi dua kalau sudah ketemu tinggal dicari. Selanjutnya ada modus yaitu nilai data yang paling sering muncul. Selain itu juga diajari tentang quartil yaitu nilai yang membagi data menjadi 4 bagian dan juga sedikit tentang desil yaitu nilai yang membagi data menjadi 10 bagian. Di dalam statistika SMA jg terdapat jangkauan data atau rentang data atau kerennya range data yaitu selisih antara data terbesar dengan data terkecil. Lalu ada jangkauan antar kuartil atau hamparan yaitu selisih antara kuartil ketiga dengan kuartil pertama.da juga jangkauan semi antar kuartil atau simpangan kuartil yaitu setengah kali panjang hamparan. Bukan cuma itu saja, ada lagi simpangan rata-rata dan simpangan baku serta ragam. Saya juga diajari tentang penyajian data dalam bentuk histogram, poligon dan ogive.
Begitulah mengulas sedikit yang pernah saya tahu tentang statistika. Sekarang saya sudah menjadi mahasiswa baru di program studi statistika Universitas Diponegoro. Mengapa juga saya memilih program studi statistika ini? Mungkin karena dari bapak ada basis matematika, selain itu juga ada saudara saya di tempat yang sama dengan yang saya injak saat ini yaitu program studi statistika Universitas Diponegoro. Akan tetapi bukan hanya itu, yang lebih penting lagi karena saya lebih suka menghitung daripada menghafal apalagi kalau menghitung uang saya sangat pintar. Selain itu juga saya dari dulu senang akan matematika walaupun dalam kenyataannya saya sering kesuitan dalam mengerjakan soal akan tetapi dengan kesulitan itu saya bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran yang tidak lazim sehingga bisa untuk mengerjakan soal. Dan yang lebih penting lagi adalah prospek lapangan kerja di lingkup statistika sangat banyak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar